artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Makanan Yang Bisa Mengobati Asam Urat

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Makanan Yang Bisa Mengobati Asam Urat

Sebenarnya ada banyak makanan yang bisa mengobati asam urat. Dan beberapa diantara mereka itu makanan yang bisa kita temui dengan mudah. Hanya saja, karena ketidaktahuan, atau kebiasaan makan yang kurang tepat, banyak orang yang tidak sengaja justru menghindari makanan yang bisa mengobati asam urat tersebut. Padahal kalau kita tahu, pengeluaran tambahan untuk biaya pengobatan asam urat dengan mengonsumsi obat-obatan bisa dikurangi.

Asam urat adalah keadaan dimana tubuh mengalami kelebihan zat purin. Penderita asam urat bisa mengalami rasa nyeri yang menyakitkan di persendian tulang. Obat asam urat bekerja dengan menetralkan kadar purin di dalam darah. Penumpukan zat purin disebabkan oleh ginjal yang gagal mengeluarkannya melalui urin.

Ok, itu tadi bagaimana penyakit asam urat terjadi pada tubuh kita. Sekarang kita akan melihat beberapa makanan yang bisa mengobati asam urat.

Beberapa makanan di bawah ini baik dikonsumsi setiap hari. Jikalaupun anda sudah menderita asam urat dalam waktu lama dan lumayan berat, maka asam urat anda itu akan bisa dkurangi atau dinetralkan.

Asam Urat

Makanan yang bisa mengobati asam urat

1. Pisang

Kandungan potasium dan sodium di dalam bisa bisa membantu menurunkan kadar purin dalam darah. Sehingga, pisang sangat baik anda konsumsi baik sebelum ataupun sesudah makan. Tidak perlu jumlah yang besar. Asalkan rutin, pisang bisa mengobati asam urat.

2. Kubis

Sayuran sejenis kubis, seperti kembang kol, sawi, dan asparagus diketahui manfaatnya untuk menurunkan kadar zat purin dalam darah. Sehingga jika anda menderita penyakit asam urat, jangan ragu untuk menambah porsi sayuran tersebut. Usahakan untuk memasaknya dengan cara yang sehat.

3. Roti Gandum

Serat yang terkandung dalam roti gandum merupakan salah satu hal yang bisa membantu penyerapan asam lemak. Ini tidak hanya bagus untuk pencernaan anda, tapi juga sangat bermanfaat mengobati asam urat.

4. Buah Cerry

Cerry mengandung zat anti inflamasi yang bisa mencegah terjadinya pengkristalan asam urat di persendian. Buah ini bisa juga menetralkan zat asam dan mengurangi rasa nyeri pada sendi. Jika anda menderita asam urat yang lumayan parah, dianjurkan untuk memakan buah Cerry ini setidaknya 200 gram per hari. TIdak harus Cerry besar-besar yang dijual di toko dengan harga mahal itu. Buah Cerry biasa juga punya khasiat yang besar.

5. Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat asam sitrat yang bisa membantu melarutkan asam urat dalam darah. Minumlah air perasan jeruk nipis dua gelas per hari secara rutin untuk mengobati asam urat anda. Air perasan jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh berkat antioksidan di dalamnya. Buat yang ingin langsing, jeruk nipis juga baik untuk diet anda.

6. Buah Apel

Apel memiliki asam malat yang juga punya khasiat menetralkan asam urat. Usahakan untuk memakan minimal satu biji buah apel setiap hari untuk membantu mengobati asam urat anda.

7. Kentang

Kentang ternyata juga bagus untuk mengobati asam urat. Tapi jangan mengonsumsi kentang goreng ya. Usahakan untuk memakan kentang rebus saja. Kalau digoreng, itu sama saja bohong.

8 Air Putih

Ini adalah pelarut utama dari asam urat anda. Dan tidak hanya asam urat, termasuk berbagai macam zat sisa yang masih tertinggal di dalam aliran darah kita bisa dibersihkan. Dengan minum air putih sekitar 1 sampai 2 liter per hari, maka kerja ginjal untuk membersihkan darah akan lebih ringan. Tentu ini termasuk membersihkan sisa zat purin penyebab asam urat anda.

Itu tadi 8 makanan yang bisa mengobati asam urat. Anda tidak perlu dengan memaksa mengonsumsi semuanya. Yang pasti adalah air putih. Minimal 8 gelas per hari, kalau bisa ya lebih. Yang lainnya, bisa dikonsumsi bergantian atau mana yang ada.

Jika asam urat anda parah, ya pilihlah salah satu atau dua makanan di atas yang paling mudah anda dapatkan di sekitar anda, yang harganya paling terjangkau, dan yang anda suka, lalu usahakan bisa rutin mengkonsumsi mereka. Semoga bisa membantu dan jangan lupa untuk membagikan info ini di Facebook, Twitter, atau Google+ anda. Semoga cepat sembuh. Jangan lupa baca juga Cara Mencegah Asam Urat.

loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz