artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Cara Mencegah Asam Urat

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Cara Mencegah Asam Urat

Cara Mencegah Asam Urat | Asam urat sebenarnya secara alami sudah ada dalam tubuh. Menjadi masalah ketika kadarnya berlebih. Maka mencegah asam urat artinya mencegah terjadinya kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Berbagai cara yang dlakukan untuk mengobati asam urat tidak banyak membantu jika dalam kesehariannya penderita tidak melakukan langkah-langkah pencegahannya juga.

Oke, timbul pertanyaan….! (seperti Sentilun di MetroTV itu…Open-mouthed smile) Apa penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh? Jawabannya anda pasti bisa menebak: makanan.

Asam UratNah, berikut ini beberapa cara supaya tidak terkena asam urat… (Best Gout Remedies)

  1. Menghindari makanan yang kaya purin. (Lihat di bawah untuk jenis makanan dan kadar purin-nya) Tukar dengan makanan rendah purin atau yang kadar purinnya sedang-sedang saja.
  2. Kurangi minuman beralkohol. Atau lebih baik tidak usah saja. Minuman beralkohol, terutama bir, adalah jenis minuman dengan kadar purin tertinggi. Jika tidak dapat berhenti minum alkohol, minumlah dengan porsi sedang, jangan sampai lebih dari satu atau dua gelas wine dalam sehari.
  3. Minum banyak air. Terutama minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Minumlah delapan hingga 12 gelas sehari.  Kurangi  konsumsi air alkalin dan jangan minum air ber-baking soda, sebab kandungan garam-nya lumayan tinggi.
  4. Minum susu dan jus jeruk
    Menurut beberapa riset, susu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial menderita asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari. Satu gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, Demikian pula dengan jus jeruk, walau kedigdayaannya sedikit di bawah susu.
  5. Minum kopi. Dalam beberapa penelitian, didapat hasil bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat.  Kopi juga dapat sedikit menurunkan risiko terkena asam urat. untuk mereka yang telah terkena.
  6. Santap ceri, seledri, stroberi. Makan buahnya atau minum jusnya. Semuanya mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Beberapa pasien melaporkan, nyeri karena asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu pencegahan. Empat besar buah beri yang disarankan adalah elderberi, stroberi, bluberi, dan bilberi. Semuanya dapat mencegah asam urat karena kaya antioksidan, berpurin rendah, dan tidak terlalu asam. Beri  paling oke?  Stroberi!
  7. Multivitamin. Minimal asup satu tablet multivitamin setiap hari. Pilih yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc, terutama untuk mereka yang telah berusia di atas 40 tahun.
  8. Turunkan berat badan. Jika Anda termasuk kelebihan berat, sebaiknya turunkan berat badan. Penurunan berat badan adalah tip paling penting dalam pencegahan asarn urat, meski yang paling sulit untuk dilakukan.
  9. Minum vitamin C. Asupan vitamin C sebanyak 500 mg setiap hari, menurut sebuah penelitian, terbukti  dapat mencegah asam urat.

Purin dalam Makanan

  • Tinggi : ikan hering, sardin, teri, hati (dari semua jenis hewan), kaldu, daging jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster dan keluarganya, udang, kerang, minuman beralkohol.
  • Sedang : ikan (kecuali yang telah disebutkan di kategori tinggi), polong-polongan termasuk kacang-kacangan (kedelai, kacang pea), daging sapi, daging domba, daging babi, ayam, kalkun, jamur, bayam, asparagus, lentil.
  • Rendah : telur (dan juga putih telur), buah-buahan (termasuk beri) susu, mentega, keju, yogurt, krim, es krim, kentang, produk biji-bijian (roti, krakers, pasta, mi, spageti, beras), kacang-kacangan dan biji-bijian, cake, biskuit, sereal, zaitun, cuka, minyak sayur, gula cokelat, acar dari sayuran, kimchi.

Hmmm…., bagaimana? Kalau anda menderita asam urat sebaiknya …

  • Memakai baju hangat jika cuaca sedang dingin
  • Memastikan tekanan darah dalam level normal
  • Menghindari dehidrasi
  • Menghindari perut kosong dalam waktu lama
  • Berolahraga tetapi hindari latihan berat

sumber: Kompas Health

loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

1 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz