artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Mengapa Kurang Minum Air Putih Berpengaruh ke Ginjal?

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Mengapa Kurang Minum Air Putih Berpengaruh ke Ginjal?

Air Putih Anda tentu pernah mendengar anjuran untuk minum air putih paling tidak 8 gelas atau dua liter setiap hari. Betulkan anjuran itu? Lalu apa kaitannya minum air putih dengan Ginjal? Mengapa kurang minum air putih berpengaruh ke ginjal?

Air putih dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh dengan cara mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika tidak cukup minum air, maka tubuh tidak dapat membakar kalori dengan baik.

Kurang minum air putih akan membuat tubuh mengambil air dari komponen yang lebih dekat, yaitu darah. Karena kandungan air dalam darah diambil maka darah akan menjadi kental sehingga distribusi darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Kondisi inilah yang sangat berpengaruh pada ginjal. Ginjal akan kesulitan menyaring racun dalam darah yang kental. Itu sebabnya banyak orang yang terkena gangguan ginjal jika kurang minum air putih.

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat jika dikonsumsi secara tepat, dalam arti tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Manfaat air putih yang kita rasakan langsung bagi tubuh adalah sebagai penghilang rasa haus. Kemudian sebagai pencegah dehidrasi, menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang lewat keringat, urine, dan nafas kita.

Selain itu, air putih juga berperan dalam proses detoksifikasi tubuh, karena ada banyak zat yang mudah larut dalam air, sehingga zat-zat pengganggu tersebut akan keluar dari tubuh dengan bantuan air melalui urine.

Air putih juga berperan sebagai alat transportasi pembawa nutrisi dari sistem pencernaan ke beberapa bagina tubuh. Secara psikologis air putih bisa membuat kita tenang. Pada saat kita gugup, stress, atau terganggu minumlah air putih maka secara perlahan kita kan kembali tenang. Meskipun belum diketahui bagaimana air putih bisa menyebabkan kita kembali tenang.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, akan membuat fungsi organ tubuh juga menurun, lebih rentan terhadap bakteri dan virus. Rasa haus adalah mekanisme tubuh untuk memberi tahu kita bahwa asupan air dalam tubuh mulai berkurang. Manusia membutuhkan rata-rata 2 sampai 2,5 liter air per hari. Kebutuhan air ini sudahtermasuk yang dipasok melalui makanan, minuman, hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi, dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Jika berada di ruang ber AC, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi, karena udara yang dingin akan membuat tubuh cepat dehidrasi. Selain itu minum air putih juga bisa membuat kulit tidak cepat kering. Dan yang pasti air putih juga bisa mendorong energi agar kita tidak lemas.

Share this post :
loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz