artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Tips Tetap Sehat Bekerja Dengan Komputer

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Tips Tetap Sehat Bekerja Dengan Komputer

Apakah pekerjaan anda menuntut anda untuk berada di depan komputer baik desktop maupun laptop dalam waktu yang lama hampir seharian? Banyak sekali jenis pekerjaan yang membuat kita berada di depan komputer berjam-jam dengan duduk, klik sana-sini, menulis, membaca, mengisikan data, mengoreksi, atau sekedar browsing internet. Ketika komputer menjadi perangkat utama kita untuk melakukan bisnis atau pekerjaan kita, tentu ini tidak bisa kita hindarkan. Tentu anda juga sadar benar bahwa ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan kita. Meski bekerja dengan komputer tidak akan membuat anda sakit dalam jangka pendek, tapi jika terus-terusan, dalam jangka panjang, efek buruknya bisa jadi fatal. Berikut adalah beberapa tips tetap sehat bekerja dengan komputer. Beberapa dari tips ini sama sekali bukan hal baru. Jadi tips tetap sehat ini lebih sebagai catatan pengingat saja. Bekerja dengan cepat, efisien, dan sehat. Kan?

baca juga: 5 Tips Menggunakan Komputer Dengan Efisien

1. Get up, stand up!

Tetap Sehat Bekerja Dengan KomputerMungkin ini adalah tips yang paling sederhana supaya tetap sehat bekerja dengan komputer. Tapi bangun dan berdiri ini-lah hal yang paling sering kita lupakan ketika sudah sibuk bekerja. Sederhana. Yang anda butuhkan hanyalah bangun dari duduk anda satu jam sekali, lakukan peregangan ringan seperti sit up, mengangkat tangan, menyentuh ujung jari kaki anda, berjalan beberapa langkah. Jangan biarkan otot anda menegang dan menjadi sakit.

Kalau anda secara rutin tidak lupa untuk melakukannya, anda akan merasa lebih sehat dalam beberapa hari. Dan yang lebih penting lagi adalah anda akan lebih mudah menjaga konsentrasi terhadap pekerjaan anda, beberapa menit melepaskan diri dari pekerjaan, akan memberi penyegaran kepada otak anda. Bisa jadi ide brilian akan muncul justru saat anda menjauh sedikit dari pekerjaan anda.

2. Duduk dengan tegak

Ini juga simpel, jelas, dan kedengarannya mudah. Duduk dengan tulang belakang tegak. Yang saya maksud bukan anda harus menegakkan posisi tulang belakang anda setiap beberapa menit, itu sama saja bohong. Tapi benar-benar duduk dengan tegak sepanjang anda bekerja dengan komputer. Apakah itu mungkin? Agak tidak mungkin kalau meja kerja dan kursi anda tidak ergonomis. Agak rumit memang. Duduk dengan tulang belakang tegak tanpa penopang bisa jadi lebih buruk dibanding dengan bersandar pada kursi yang tidak dikonstruksi dengan baik. Jadi kursi yang baik sangat dibutuhkan selain ketinggian meja kerja yang pas dengan tinggi badan anda. Pastinya adalah, anda butuh kursi yang bisa menopang tulang belakang sekaligus kepala anda dengan baik, sehingga anda bisa benar-benar bersandar dengan nyaman. Asal tidak malah jadi mengantuk ya…., hehe…. Tapi kalau anda duduk dengan tegak, bukan menggelosot, rasa kantuk itu akan lebih lambat menyerang.

3. Ini monitor, bukan mikroskop!

Ini monitor, bukan mikroskop!Seberapa sering anda mendapati diri anda sendiri menatap monitor dari jarak hanya beberapa centimeter setiap harinya? Mungkin awalnya anda hanya ingin mengamati suatu obyek di layar laptop anda, dan kemudian tersadar bahwa anda sudah melakukannya selama 30 menit. Jadi, ingatlah untuk selalu mejaga jarak aman mata anda dengan layar monitor laptop dn terlebih PC anda.

Berapa jarak aman monitor dengan mata? Semakin jauh semakin baik. Anda bisa saja menempatkan monitor anda di dinding ruangan berjarak 2 meter dari tempat duduk anda, asalkan anda masih bisa melihat dengan jelas semua objek di layar. Jaga juga kecerahan monitor anda. Terlalu terang membuat mata anda memincing, terlalu gelap membuat mata anda bekerja terlalu keras. Kalau anda memakai laptop, ini juga berkait dengan menjaga agar baterai laptop anda lebih awet.

baca juga: Agar Baterai Laptop Awet

Selain itu, tempatkan posisi layar monitor anda tidak berhadapan langsung dengan sumber cahaya yang kuat, seperti jendela, pintu, atau lampu. Jika mungkin, tempatkan lampu penerangan di atas anda, jadi pantulannya tidak mengarah langsung pada mata. Pantulan cahaya akan membuat objek di layar monitor tidak jelas terlihat.

4. Jangan siksa pergelangan dan telapak tangan anda

Rasa sakit di lengan, pergelangan dan telapak tangan bisa muncul ketika kita mengetik di keyboard dan menggunakan mouse. Penyebab utama munculnya rasa sakit di tangan ini adalah karena kita biasa meletakkan keyboard dan mouse terlalu dekat dengan ujung meja kerja. Inilah yang membuat tangan kita dalam posisi menggantung tanpa tempat sandaran sama sekali. Maka, coba letakkan keyboard dan mouse dalam posisi yang memungkinkan lengan anda tersangga dengan baik di meja. Cobalah tidak bertumpu pada lengan. Selain itu, regangkan juga lengan, pergelangan tangan, dan jari anda ketika sedang beristirahat.

5. Jangan makan di depan komputer!

Jangan makan di depan komputer!Iya, saya mengerti. Saya juga sering melakukannya. Mungkin ini adalah kebiasaan paling buruk dan paling sulit dihilangkan milik orang yang bekerja di depan komputer. Jujur kita harus mengakui bahwa makan sambil bekerja di depan komputer itu sangat tidak sehat (bisa menyebabkan masalah pencernaan yang serius) baik bagi kita, maupun bagi komputernya sendiri, dan juga cara paling mudah untuk menambah berat badan. Jadi, silahkan mengambil makanan atau minuman dari tempat lain. Jangan membawa makanan apapun, kecil atau besar, dan minuman ke meja kerja anda.

baca juga: Apa Penyebab Laptop Menjadi Lambat?

Sulit kan? Ketika kita begitu sibuk dan bersemangat, terkadang terasa eman dan sayang untuk meninggalkan perkerjaan hanya untuk makan. Jadilah makan sambil bekerja. Ok, mungkin tidak sesibuk itu. Kita main-main, membuka halaman Facebook, browsing sana-sini membaca berita atau gosip, – sambil makan. Jadilah otak kita menganggap aktivitas makan menjadi tidak terlalu penting. Ketika harus sudah waktunya berhentipun otak tidak sadar untuk memberi sinyal sudah cukup. Sudah makan, tapi rasanya belum makan. Gemuklah jadinya, hehe….

Selain itu, sisa remahan roti, abu rokok, sisa minyak di jari, juga membuat keyboard anda tempat paling nyaman untuk bakteri bisa hidup makmur sejahtera dengan asupan makanan langsung dari jari anda. Jamur bisa tumbuh ditempat yang kita tidak duga. Ini buruk untuk komputer anda. Dan…, apa anda mau hidup dengan mereka juga?

loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz