artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Tips Menghindari Sariawan

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Tips Menghindari Sariawan

cewek sariawan Kali ini kita akan membahas bagaimana menghindari sariawan. Saya sebut menghindari karena nyatanya tiap orang sepertinya pernah terkena sariawan. Bagi kebanyakan orang, sariawan bisa hanya dianggap penyakit ringan. Efeknya yang paling jelas adalah kita jadi tak enak makan karena bibir atau kulit rongga mulut kita terasa perih, terkadang sampai membuat badan kita jadi panas dingin.

Secara umum sariawan sering diidentikkan dengan luka di rongga mulut. Padahal penyakit yang mirip dengan itu banyak sekali. Seperti infeksi herpes zooster pada rongga mulut sampai kanker daerah mulut ternyata gejalanya sama dengan sariawan.

Dalam bahasa kedokteran, sariawan disebut sebagai stomatitis aphte reccurent, yaitu peradangan atau luka di dalam mukosa (daerah lunak di dalam rongga mulut) seperti permukaan dalam bibir dan permukaan dalam pipi, gusi, lidah, dan daerah langit-langit.

Penyebab Sariawan

Ada beberapa penyebab sariawan. Yang paling sering adalah karena tergigit oleh gigi kita sendiri, pasti tau ya rasanya …? Sariawan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus juga ternyata.  Kemudian karena kekuarngan vitamin dan zat-zat mineral seperti asam folat, vitamin C, vitamin B12, zat besi, zink, dan alergi.

Ketidakseimbangan hormon pun bisa berpengaruh dan menyebabkan sariawan. Misalnya, untuk perempuan yang mengalami gangguan menjelang menstrusi. Penyakit lain seperti AIDS, leukimia, yang utamanya berakibat pada daya tahan tubuh ysng menurun, juga bikin sariawan lebih mudah muncul dibandingakn dengan kita yang normal. Terakhir, karena faktor psikologis.

Pengobatan Sariawan

Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk sariawan. Karena sariawan itu merupakan peradangan. Biasanya dokter memberikan obat salep khusus anti radang yang bisa dioleskan di daerah sariawan. Berkumur dengan obat kumur antiseptik juga bisa membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Yang secara sederhana bisa anda lakukan di rumah adalah dengan berkumur dengan air garam hangat.

Umumnya sariawan dapat sembuh sendiri. Paling lambat proses penyembuhannya memakan waktu 2 minggu. Tetapi kalau sariawannya berat dan sudah ada infeksi bakteri mungkin kita perlu minum antibiotik.

 

Technorati Tags:
loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz