artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Manfaat Beras Hitam Untuk Diet dan Kesehatan

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Manfaat Beras Hitam Untuk Diet dan Kesehatan

Apa manfaat beras hitam untuk diet dan kesehatan kita secara umum? Beras hitam sangat populer digunakan sebagai makanan sehat untuk diet. Sifat beras hitam yang jauh lebih berserat dibanding beras putih biasa itulah yang paling utama memberi manfaat bagi kesehatan dan juga membantu anda mendapatkan tubuh lebih langsing dengan relatif mudah.

Berbeda dengan beras putih yang relatif lebih mudah lunak ketika dimasak, beras hitam cenderung lebih bertekstur keras dan tidak berubah banyak ukurannya. Rasa beras hitam juga agak mirip-mirip kacang, sehingga sangat pas digunakan sebagai bahan bubur, makanan penutup, kue tradisional, roti, mie, dan juga tapai seperti beras ketan.

Kalau untuk diet, kita bisa mengkonsumsi beras hitam sebagai nasi biasa, atau kalau kurang suka dengan tekstur dan rasanya, bisa dimasak bersama dengan beras putih.

Manfaat beras hitam untuk diet dan kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung dan peradangan

Di dalam beras hitam terdapat kandungan antocyanin yang mampu mencegah penyakit jantung dan semua jenis radang. Seperti yang kita tahu, implikasi dari radang itu bisa berupa beragam penyakit, mulai dari asma, arthritis, sampai kanker.

Kandungan antocyanin di dalam beras hitam bahkan lebih tinggi dari yang ada ada buah Blueberry. Faktanya adalah Blueberry adalah buah yang memiliki kandungan antocyanin tertinggi dibanding buah-buah lainnya.

2. Menurunkan kadar Trigliserida (lemak jenuh dalam darah)

Ini artinya, beras hitam sangat baik dikonsumsi oleh anda yang bermasalah dengan kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi. Disamping menurunkan kadar Trigliserida, beras hitam juga mampu meningkatkan kadar HDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.

Beras Hitam

3. Beras hitam tinggi protein dan rendah karbohidrat

Dalam takaran yang sama, beras hitam mengandung karbohidrat lebih rendah dbanding beras merah dan juga beras putih. Sehingga sangat baik dikonsumsi anda yang ingin diet untuk mengurangi berat badan.

Selain itu, anda sudah memenuhi sampai 17% kebutuhan protein harian anda, hanya dari mengkonsumsi nasi beras hitam 100 gram. Tinggal tambahkan jenis makanan lain yang tinggi protein, maka kebutuhan asupan protein harian anda akan mudah dipenuhi.

4. Beras hitam mencegah kanker dan menjaga imunitas tubuh

Salah satu bahan yang penting dalam beras hitam adalah kandungan Riboflavin di dalamnya. Riboflavin punya peran sangat penting untuk membantu perlindungan sel dari tekanan oksidatif dan radikal bebas penyebab kanker.

Untuk menjaga imunitas, beras hitam ternyata mengandung banyak sekali vitamin dan mineral untuk tubuh kita. Mulai dari Vitamin E, B1, B2, B3, dan B6. Mineral yang ada dalam beras hitam juga sangat lengkap. Ada zat Besi, Zinc, Magnesium, dan juga Phosphor.

Vitamin B kompleks membantu tubuh melepaskan energi dan mengolahnya secara efektif untuk beraktivitas seharian. Sementara Magnesium dan zat Besi membantu mengurangi keletihan, kelelahan, dan kelesuan.

Satu porsi nasi beras hitam memenuhi 8% kebutuhan harian kita untuk Zinc, 6% zat Besi, dan 20% dari nilai harian untuk Fosfor. Zinc adalah mineral yang mendukung kinerja sistem imun tubuh, sementara Fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang.

5. Memulihkan fungsi Hati

Beberapa penelitian membuktikan bahwa beras hitam bisa menjaga dan memulihkan fungsi organ hati. Kandungan Antioksidan yang lumayan tinggi dalam beras hitam bisa mencegah penumpukan lemak di hati, termasuk yang bersifat alkoholik.

6. Melindungi Jantung

Beras hitam terbukti bisa menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi. Dia juga bisa menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Aterosklerosis adalah gejala pengerasan dinding arteri pembuluh darah.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam beras hitam bisa mencegah dan menyembuhkan diare yang anda derita. Serat ini juga menyelesaikan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan lainnya. Bagaimana bisa begitu?

Serat bisa meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Serat dalam dosis tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh. Diet tinggi makanan berserat dari varietas padi dan gandum terbukti melindungi tubuh dari gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).

8. Aman untuk yang alergi gluten

Jika anda kebetulan alergi terhadap gluten, maka beras hitam akan aman anda konsumsi. Karena beras hitam memang bebas gluten. Gluten adalah salah satu bentuk protein yang biasanya ada dalam produk yang mengandung gandum atau barley.

Salah satu penyakit yang muncul karena keadaan over sensitif terhadap gluten adalah Celiac. Untungnya, penyakit ini cukup langka. Gejala dan efek sampingnya cukup menyeramkan, yaitu bisa merusak dan meningkatkan kemungkinan terjadinya sindrom usus bocor.

9. Baik untuk mencegah dan mengelola diabetes

Beras hitam memiliki kandungan serat sampai 3,5 kali lipat lebih tinggi daripada nasi dari beras putih. Itu sebabnya nasi beras hitam memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Efeknya, dia bisa melindungi sistem pencernaan dan mempertahankan angka gula darah tetap stabil.

Itu sebabnya, nasi beras hitam untuk diet membantu anda mencegah risiko terkena Diabetes tipe 2 karena kandungan gulanya yang juga rendah.

Dibandingkan dengan nasi beras putih dan merah, nasi beras hitam memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yaitu 42,3 jika dibandingkan dengan nasi putih yang mencapai 89. Sementara nasi beras merah memiliki indeks glikemik 50.

Diet rendah indeks glikemik meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang akan meningkatkan kontrol diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi beras hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat namun rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras ini membantu untuk mengontrol asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.  

11. Meningkatkan fungsi otak

Selain berfungsi melindungi tubuh terhadap kanker, kandungan antocyanin dalam beras hitam dapat meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak, dengan memerangi stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif berkontribusi terhadap penurunan kinerja memori dan peradangan dalam otak.

Demikian tadi manfaat beras hitam untuk diet dan kesehatan tubuh kita. Maka, tidak ada salahnya mulai sekarang anda mengkonsumsi beras hitam secara rutin. Yang paling umum, beras hitam ini dikonsumsi sebagai nasi. Ada juga yang mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk yang diseduh seperti susu kedelai. Sama-sama enak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk membaca juga Cara Memasak Beras Hitam Untuk Diet.

Di pasaran, harga beras hitam memang relatif lebih mahal dibanding beras putih biasa. Saya kira itu cukup wajar. Mengingat hampir semua beras hitam itu ditanam secara organik murni tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Dengan semua manfaat beras hitam plus proses produksinya, rasanya cukup adil jika membelinya.

Jika membutuhkannya, anda bisa membeli beras hitam dengan harga murah di sini (klik).

loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz