artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Apa Penyebab Rambut Rontok

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Apa Penyebab Rambut Rontok

cara mengatasi rambut rontokApa penyebab rambut rontok? | Rambut anda rontok padahal sudah di rawat dengan baik? Apakah ada jenis penyakit tertentu yang mempengaruhi tingkat kerontokan rambut? Atau barangkali jenis makanan tertentu? Phew…! Ternyata ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab rambut rontok ya…. Berikut ini adalah beberapa keadaan atau kondisi yang menyebabkan rambut mahkota anda itu rontok.
  1. Anemia. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan darah – sel darah merah. Dalam keadaan seperti itu, kandungan zat besi dalam sel darah merah juga sangat kurang. Padahal zat besi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan folikel rambut. Untuk mengatasinya, anda bisa memadukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Fungsi vitamin C adalah untuk membantu penyerapan zat besi.
  2. Obat-obatan tertentu. Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Maka jika anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut, cobalah untuk bertanya pada dokter Anda, jika mungkin untuk untuk menurunkan dosisnya. Akan lebih baik lagi kalau mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif yang lebih aman bagi kesehatan rambut anda.
  3. Hypo atau hyperthyroidism. Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.
  4. Kekurangan kalori. Biasanya wanita akan melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan. Termasuk diet ketat rendah kalori, yang akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut dan kuat.
  5. Stres. Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi di beberapa minggu berikutnya. Solusinya? Relaksasi, bisa lewat yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-porinya belum tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Maka, atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.
  6. Penyebab rambut rontok karena keturunan. Jika memang rambut rontok disebabkan karena keturunan, anda tidak perlu bingung apalagi sampai menyalahkan Tuhan Yang Maha Esa, karena hal itu hanya akan membuat anda berdosa. Di bawah ini beberapa tips atau cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena keturunan.
Cara mengatasi rambut rontok karena keturunan.
  1. Pada saat keramas, pakailah kondisioner pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, minimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.
  2. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
  3. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
  4. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.
  5. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
  6. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  7. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.
  8. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.
Lumayan banyak ya penyebab rambut rontok itu…. Semoga tips di atas berguna untuk menjaga rambut anda supaya tetap indah dan bisa anda banggakan. sumber: Kompas
Untuk mengatasinya, coba produk ini: Shampoo Black Magic – Penumbuh & Pemanjang Rambut
loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz