Tips Menciptakan Rumah Sehat, Bersih, dan Nyaman

Rumah Sehat Terang Rumah adalah cerminan ciri khas karakter pemiliknya. Mirip dengan cara kita berpakaian, cara kita menata rumah juga adalah cerminan bagaimana karakter kita sebagai empunya rumah. Namun seperti apapun kepribadian kita, bisa dipastikan kita berharap mempunyai rumah yang indah, bersih, dan sehat. Rumah besar tapi kurang terawat malah menjadi bumerang bagi pemiliknya. Syarat pertama dan utama kita nyaman tinggal di rumah adalah kebersihan dan kesehatannya, (selain sudah selesai KPR-nya, hehe …)

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk menciptakan rumah yang sehat, bersih, dan nyaman.

Dapur

Biasakan segera mencuci piring kotor di dapur. Semakin cepat anda melakukannya, maka beban anda menjaga kebersihan dapur akan semakin ringan. Tumpukan piring kotor di dapur akan membuat anda semakin enggan untuk menyentuhnya. Selain itu, dapur biasanya adalah tempat yang lembab, bakteri akan mudah dan cepat berkembang di sisa makanan di piring kotor anda.

Berikan ventilasi dan penerangan yang cukup untuk dapur anda. Sediakan minimal dua tempat sampah, satu untuk sampah organik, dan satunya lagi untuk sampah non-organik. Di dapurlah tempat pertama dan termudah bagi anda untuk ikut serta menjaga bumi ini. Tak ada yang lebih menyenangkan ketika melihat dapur yang selalu dalam keadaan bersih.

Kamar Mandi

Ventilasi masih menjadi unsur utama untuk membuat kamar mandi anda nyaman. Jangan biarkan keadaannya gelap dan lembab. Tentu anda tak ingin melihat tembok kamar mandi anda berjamur. Sikat lantai kamar mandi dan bersihkan bak mandi anda secara teratur agar air anda terjaga kebersihannya.

Selain itu, juga bagus untuk menaruh tanaman hias di kamar mandi, supaya kamar mandi anda leboh segar dan asri. Jangan lupa meletakkan parfum dan kamfer anti bakteri. Pilihlah warna warna cerah, seperti hijau, biru, atau pink, untuk warna lantai dan temboknya.

Kamar Tidur

Percayakah anda kalau ‘kasur’ adalah tempat yang berbahaya? Anda harus percaya ini, bakteri bisa dengan mudah berkembang biak di sana. Upayakan mengganti, mencuci, dan mengeringkan seprai dan sarung bantal sesering mungkin. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tidak gampang berbulu. Kasur juga sangat perlu untuk dijemur sesering yang anda bisa. Pastikan kamar tidur anda bersih dan rapi, karena di situlah sebagian besar waktu anda habiskan untuk tidur. Jika kamar tidur anda kotor, kemungkinan anda sakit akan lebih besar.

Ruang Tengah

Ruang tengah biasanya difungsikan sebagai ruang keluarga. Di situ biasanya anggota keluarga anda menghabiskan waktu bersama. Tak jarang juga ruang tengah menyatu dengan ruang makan. Karena aktifitas di ruang ini melibatkan seluruh anggota keluarga, maka kemungkinannya untuk menjadi kotor lumayan besar. Itu artinya anda harus memberi perhatian ekstra pada ruang yang satu ini, segera rapikan barang-barang yang berserakan, pastikan kabel tertata dengan rapi, terutama jika anda mempunyai anak kecil.

Untuk menjaga kesehatan ruang itu, disarankan anda menempatkan pohon bambu kecil di ruang ini. Selain untuk alasan keindahan dan keasrian, bambu dipercaya bisa menjadi alat penyaring formaldehid (zat kimia yang banyak terdapat pada furniture dari kayu) serta benzen (terdapat pada tinta, plastik, atau bahan karet) yang berbahaya bagi keluarga anda. Supaya lebih indah, anda bisa menambahkan bunga lili, yang juga bisa mengeliminasi trichloroethylene (zat kimia yang terdapat dalam lukisan dan cat yang berbahaya bagi pernafasan)

Ayo beri tahu teman-teman anda lewat :

Lazada Indonesia

2 comments:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © Artikel Kesehatanq Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger