artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Konsumsi Apel dan Ikan Mengurangi Resiko Alergi Pada Anak

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Konsumsi Apel dan Ikan Mengurangi Resiko Alergi Pada Anak

apelikanhamil Ibu hamil yang mengonsumsi apel dan ikan dapat mengurangi resiko asma dan alergi pada anak yang dikandungnya. Hal ini diungkap dalam American Thoracic Society 2007 International Conference. Hal yang kurang lebih sama juga diungkap pada penelitian SEATON yang dilakukan di Universitas Aberdeen, Inggris. Penelitian ini menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi sejumlah apel beresiko lebih kecil mengidap penyakit asma pada usia 5 tahun, dibanding dengan yang ibunya hanya mengonsumsi sedikit apel.

Ibu hamil yang mengonsumsi ikan satu atau beberapa kali dalam seminggu juga memperkecil  risiko anaknya terkena  eksema daripada mereka yang tidak pernah mengonsumsi ikan sama sekali. Penelitian tersebut tidak menemukan adanya pengaruh makanan lain termasuk sayur-sayuran, jus buah, jeruk, kiwi, seluruh jenis padi, lemak dari susu atau margarin, atau produk rendah lemak.

Pernah pula dilakukan penelitian terhadap 1.212 anak yang lahir dari para ibu yang diminta mengisi kuesioner tentang bahan makanan yang mereka makan selama masa hamil. Saat anaknya berusia 5 tahun, para ibu ini diminta mengisi kuesioner tentang gejala gangguan pernafasan dan alergi. Pada anak-anak ini juga dilakukan tes fungsi paru-paru dan alergi.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Saskia Willers, MSc, dari Universitas Utrecht, Belanda, terhadap anak-anak yang sama menemukan bahwa vitamin E dan D, serta seng yang dikonsumsi selama hamil mengurangi risiko mengi dan asma. Bila hasil penelitian terbaru sudah dikonfirmasi, menurut Saskia, "Rekomendasi pola makan saat hamil dapat membantu mencegah asma dan alergi pada masa kanak-kanak."

Apel Saskia pun berkesimpulan, dibanding pola makan anak itu sendiri, pola makan ibu saat hamil lebih mempengaruhi kesehatan pernafasan si anak hingga ia berusia 5 tahun. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap anak-anak ini untuk melihat apakah dampak pola makan ibu ini berkurang ketika si anak bertambah umur, dan apakah pola makan ibu saat hamil, dan apa yang dimakan anak-anak tersebut sekarang berpengaruh dengan bertambahnya usia mereka.

Saskia memperkirakan khasiat apel tersebut berasal dari sifatnya yang antioksidan dan kandungan flavonoid-nya yang dominan. Sedangkan khasiat dari ikan diperoleh dari omega-3-nya yang menurut data lain bermanfaat untuk jantung dan asma.

pola makan ibu saat hamil lebih mempengaruhi kesehatan pernafasan si anak hingga ia berusia 5 tahun.

sumber: kompas.com

Share this post :
loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

1 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz