Langsung ke konten utama

Konsumsi Apel dan Ikan Mengurangi Resiko Alergi Pada Anak

apelikanhamil Ibu hamil yang mengonsumsi apel dan ikan dapat mengurangi resiko asma dan alergi pada anak yang dikandungnya. Hal ini diungkap dalam American Thoracic Society 2007 International Conference. Hal yang kurang lebih sama juga diungkap pada penelitian SEATON yang dilakukan di Universitas Aberdeen, Inggris. Penelitian ini menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi sejumlah apel beresiko lebih kecil mengidap penyakit asma pada usia 5 tahun, dibanding dengan yang ibunya hanya mengonsumsi sedikit apel.

Ibu hamil yang mengonsumsi ikan satu atau beberapa kali dalam seminggu juga memperkecil  risiko anaknya terkena  eksema daripada mereka yang tidak pernah mengonsumsi ikan sama sekali. Penelitian tersebut tidak menemukan adanya pengaruh makanan lain termasuk sayur-sayuran, jus buah, jeruk, kiwi, seluruh jenis padi, lemak dari susu atau margarin, atau produk rendah lemak.

Pernah pula dilakukan penelitian terhadap 1.212 anak yang lahir dari para ibu yang diminta mengisi kuesioner tentang bahan makanan yang mereka makan selama masa hamil. Saat anaknya berusia 5 tahun, para ibu ini diminta mengisi kuesioner tentang gejala gangguan pernafasan dan alergi. Pada anak-anak ini juga dilakukan tes fungsi paru-paru dan alergi.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Saskia Willers, MSc, dari Universitas Utrecht, Belanda, terhadap anak-anak yang sama menemukan bahwa vitamin E dan D, serta seng yang dikonsumsi selama hamil mengurangi risiko mengi dan asma. Bila hasil penelitian terbaru sudah dikonfirmasi, menurut Saskia, "Rekomendasi pola makan saat hamil dapat membantu mencegah asma dan alergi pada masa kanak-kanak."

Apel Saskia pun berkesimpulan, dibanding pola makan anak itu sendiri, pola makan ibu saat hamil lebih mempengaruhi kesehatan pernafasan si anak hingga ia berusia 5 tahun. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap anak-anak ini untuk melihat apakah dampak pola makan ibu ini berkurang ketika si anak bertambah umur, dan apakah pola makan ibu saat hamil, dan apa yang dimakan anak-anak tersebut sekarang berpengaruh dengan bertambahnya usia mereka.

Saskia memperkirakan khasiat apel tersebut berasal dari sifatnya yang antioksidan dan kandungan flavonoid-nya yang dominan. Sedangkan khasiat dari ikan diperoleh dari omega-3-nya yang menurut data lain bermanfaat untuk jantung dan asma.

pola makan ibu saat hamil lebih mempengaruhi kesehatan pernafasan si anak hingga ia berusia 5 tahun.

sumber: kompas.com

Share this post :

Postingan populer dari blog ini

Ini Alasan Mengapa Suami Anda Selingkuh

Meskipun selingkuh bukan monopoli kaum pria, tetapi nyatanya asumsi orang sudah terlanjur kuat bahwa pria - para suami itu - punya kecenderungan lebih besar untuk berselingkuh dibanding para perempuan. Entah memang seperti itu faktanya - atau malah sebaliknya. Tapi tulisan ini bukan tentang mana yang lebih banyak berselingkuh. Tulisan ini akan membahas beberapa alasan paling kuat mengapa suami berselingkuh, seperti yang disampaikan oleh M. Gray Neuman, seorang konsultan perkawinan dari Amerika Serikat. Neuman menuliskan hasil survei mengenai alasan mengapa suami melakukan perselingkuhan di dalam bukunya "The Truth About Cheating." Untuk mendukung temuannya, Neuman melakukan survei kepada 200 orang pria beristri yang selingkuh dan tidak selingkuh. Tujuan dari surveinya ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa suami menyelingkuhi istrinya, termasuk juga pernyataan para pria pelaku perselingkuhan mengenai hal-hal yang dapat mencegah mereka untuk selingkuh. Berikut ini adalah t...

Macam-Macam Manfaat Jahe

Jahe adalah tanaman yang sangat umum di Indonesia. Biasanya orang hanya me manfaat kan jahe untuk bumbu masak dan obat. Obat apa saja? Banyak orang akan menggelengkan kepala seperti sedang menderita sakit kepala . hehe …. Pada postingan kali ini kita akan mencari tahu macam-macam manfaat jahe bagi kita. Jahe dikenal sebagai obat herbal yang hebat.  Studi ilmiah yang dilakukan oleh beberapa lembaga penelitian termasuk Indian Institute of Nutrition telah mengungkapkan bahwa jahe mengandung sifat-sifat obat yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi, kanker ovarium, mencegah kanker usus besar, mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi, sembelit, mulas, pilek, flu, dan migrain, juga mengurangi kerusakan ginjal pada pasien diabetes. Dikemukakan juga bahwa jahe juga bisa dipakai sebagai anti-inflamasi , anti-kembung (kontrol pencernaan gas) dan anti-oksidan (pencegah kanker). Rimpang jahe mengandung protein (2,3 persen), lemak (0,9 persen), mineral (1,2 persen), sera...

Apa Penyebab Rambut Rontok

Apa penyebab rambut rontok? | Rambut anda rontok padahal sudah di rawat dengan baik? Apakah ada jenis penyakit tertentu yang mempengaruhi tingkat kerontokan rambut? Atau barangkali jenis makanan tertentu? Phew…! Ternyata ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab rambut rontok ya…. Berikut ini adalah beberapa keadaan atau kondisi yang menyebabkan rambut mahkota anda itu rontok. Anemia. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan darah – sel darah merah. Dalam keadaan seperti itu, kandungan zat besi dalam sel darah merah juga sangat kurang. Padahal zat besi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan folikel rambut. Untuk mengatasinya, anda bisa memadukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Fungsi vitamin C adalah untuk membantu penyerapan zat besi. Obat-obatan tertentu. Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Maka jika anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut, cobalah untuk bertanya pada dokter Anda, ji...