Bagaimana Mengobati Ambeien Alias Wasir?

Anda terkena wasir Wasir atau Ambeien adalah pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik (vena) yang terletak di dinding rektum dan anus.

Anus merupakan lubang di ujung saluran pencernaan yang seperti semua orang tahu digunakan untuk mengeluarkan limbah alias tinja atau kotoran. Sedangkan rektum adalah bagian dari saluran pencernaan yang posisinya di atas anus. Rektum ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan tinja sebelum dikeluarkan.

Nah, wasir atau ambeien terjadi jika ada peregangan berulangan selama buang air besar dan sembelit.

 

Gejala Wasir

Wasir bisa mengeluarkan darah terutama setelah buang air besar. Biasanya darah tercampur dengan tinja yang keluar. Tetapi jumlah darahnya biasanya sedikit, jadi jangan terlampau panik. Wasir atau ambeien jarang menyebabkan penderitanya kehilangan darah yang benyak sampai terjadi anemia.

Wasir yang sampai menonjol keluar sebaiknya dimasukkan kembali dengan pelan-pelan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir bisa membengkak dan menyebabkan nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah. Terkadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum atau kotoran yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus bukan gejala dari wasir. Hal ini lebih karena memang sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

 

Pengobatan Wasir atau Ambeien

Biasanya wasir atau ambeien tidak memerlukan pengobatan khusus, kecuali jika sampai menyebabkan infeksi. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi sembelit dan peregangan yang menyertainya.

Juga suntikan skleroterapi bisa diberikan pada penderita wasir yang mengalami pendarahan. Suntikan ini bisa mengganti vena yang luka dengan jaringan parut.

Wasir yang parah dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi diikat dengan pita karet. Cara ini disebut dengan ligasi pita karet. Tindakan pengikatan ini bisa membuat wasir menjadi layu dan terputus tanpa rasa sakit. Cara ligasi pita karet ini dilakukan selama dua minggu atau lebih. Kadang perlu dilakukan sampai 3 - 6 kali pengobatan.

Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi). Kalau berbagai langkah di atas masih gagal juga, biasanya sebagai tindakan terakhir bisa dilakukan pembedahan.

Bila wasir atau ambeien disertai dengan bekuan darah yang mnyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:

1. duduk berendam dalam air hangat

2. mengoleskan salep obat bius lokal

3. pengompresan dengan kemiri

Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang setelah beberapa saat. Sementara bekuan darah akan menghilang setelah 4 - 6 minggu. Pilihan lainnya adalah dengan memotong vena dan mengeluarkan bekuan darah sehingga bisa mengurangi nyeri.

Fashion Terbaru

7 comments:

  1. Makasih buat informasinya. sangat berguna. Kebetulan ada keluarga yang kena wasir.

    BalasHapus
  2. @bang hery: hehe, syukurlah kalo postingan ini bisa berguna, salam

    BalasHapus
  3. makasih buat informasinya yua kag.... :)

    BalasHapus
  4. Maksudnya pengompresan dengan kemiri gimana gan? apa dengan minyak kemiri bgtu??

    BalasHapus
  5. sharing pengalaman saya.saya menderita ambein sejak ABG (karena kerja berat) dan parahnya mencapai puncak pada agustus 2010 (bulan puasa-kurang makanan berserat/sayur).kondisi perih karena infeksi dan berdarah. sebulan menderita, saya browsing dan konsultasi dgn seorang "abah" maka beberapa terapi/tindakan berikut saya lakukan. semoga bermanfaat.

    1. jika kondisi kambuh (kecapean krn duduk),dan tidak ada obat kimia (spt axxxxx) segera konsumsi buah tomat sebanyak-banyaknya. Manfaat tomat "mendinginkan" anus yang kena ambein dan "melancarkan" BAB.

    2. Jika ada infeksi, cari daun sirih (kalo bisa yang ketemu ruasnya (ketemu rose,- jawa) sebanyak 7-11 lembar lalu diremas dan dimasak dengan air untuk merendam anus dgn kondisi hangat hangat kuku(maaf, pantat masuk ke bak air).Lakukan pagi dan sore. usahakan celdam tidak boleh sampai lembab.

    3. Jika sudah parah dan ada dana, carilah sin she (disurabaya, aku lupa namanya) pengobatan ramuan chinna...dan kalo bisa hindari pemotongan anus secara medis..(maaf ya pak dokter dan ahli medis).

    4. untuk terapi...bikin jus tomat (4-5 biji) ditamabah VCO - virgin coconut oil- satu sendok (kalo ini aku sadur dari kawan milis dan yang mengilhami saya pada nomer satu diatas)

    5.kurangi makanan pedas..cabe dll

    6. kurangi makanan daging/hewani atau menjadi vegetarian.


    semoga bermanfaat.
    robertofadillah@gmail.com
    klubvegetarianindonesia@gmail.com

    BalasHapus
  6. wasir memang cukup mengganggu dan pernah mertua saya terpaksa harus mengalami operasi karena wasir ini, alhamdulillah sekarang sudah sehat

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © Artikel Kesehatanq Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger