artikel kesehatan, tips cara hidup sehat

Bahaya Mouse Optik

Setiap orang punya keberuntungannya masing-masing. Bagaimana dengan anda? Lihat sekarang!!!

Cari produk kecantikan dan fashion terbaik kamu di sini:


Artikel terkait : Bahaya Mouse Optik

Bahaya Mouse Optik Bahaya Mouse optik ini sebenarnya sudah ditengarai oleh Microsoft semenjak tiga tahun setelah peluncuran pointing device wajib pengguna komputer ini. Telah ditemukan ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse optik.

Mouse optik memanfaatkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan dibawahnya untuk menentukan posisi pointer yang tampak di layar komputer kita. Gelombang elektromagnetik yang dipakai mouse optik ini lebih tinggi dari pada frekuensi yang digunakan oleh handphone.

Anda tentu mahfum bahwa telapak tangan dan kaki merupakan simpul ujung-ujung syaraf tubuh. Ketika kita menggunakan mouse optik, radiasi gelombang elektromagnetiknya memapar langsung pada telapak tangan kita. Inilah sumber bahaya mouse optik itu. Menurut laporan WHO, radiasi dari mouse setara dengan 5 kali radiasi handphone. Kemungkinan efek buruk radiasi mouse optik menjadi lebih besar, karena mouse optik dipegang terus menerus oleh pemakainya. Belum lagi jika mouse optik yang kita gunakan berkualitas rendah. Mouse optik yang bagus memiliki shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan.

WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan mouse optik untuk seluruh kegiatan di kantornya, sementara Microsoft dan IBM mengucurkan dana sekitar 2 milyar dolar untuk kerjasama pembuatan pointing device yang lebih aman. Industri-industri hardware terbesar di Cina dan Taiwan berusaha menutup-nutupi hal ini. Jika diperhatikan, mouse optik yang banyak beredar di pasaran saat ini diproduksi dengan merk yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.

Bagaimana? Masih mau memakai mouse optik? Saya sendiri sedari dulu tidak pernah suka dengan mouse optik. Mungkin karena saya cuman bisa beli mouse optik murahan yang sangat tidak presisi sehingga lebih banyak membuat stress jika harus menusir foto di Photoshop. Buat saya mouse berbola yang jadul itu lebih nyaman dipakai. Melihat bahaya mouse optik di atas, mungkin ada baiknya sedari sekarang kita lebih berhati-hati dengan berbagai peralatan elektronik yang kita gunakan, demi hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Kan?

sumber: Teknologi Informasi Go Green

Sebarkan informasi ini :
loading...

Artikel Artikel Kesehatanq Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Copyright © 2015 Artikel Kesehatanq | Design by Bamz