Macam-Macam Manfaat Jahe

Macam-macam Manfaat JaheJahe adalah tanaman yang sangat umum di Indonesia. Biasanya orang hanya memanfaatkan jahe untuk bumbu masak dan obat. Obat apa saja? Banyak orang akan menggelengkan kepala seperti sedang menderita sakit kepala. hehe …. Pada postingan kali ini kita akan mencari tahu macam-macam manfaat jahe bagi kita.

 

Jahe dikenal sebagai obat herbal yang hebat.

Studi ilmiah yang dilakukan oleh beberapa lembaga penelitian termasuk Indian Institute of Nutrition telah mengungkapkan bahwa jahe mengandung sifat-sifat obat yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi, kanker ovarium, mencegah kanker usus besar, mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi, sembelit, mulas, pilek, flu, dan migrain, juga mengurangi kerusakan ginjal pada pasien diabetes.

Dikemukakan juga bahwa jahe juga bisa dipakai sebagai anti-inflamasi, anti-kembung (kontrol pencernaan gas) dan anti-oksidan (pencegah kanker).

Rimpang jahe mengandung protein (2,3 persen), lemak (0,9 persen), mineral (1,2 persen), serat (2,4 persen) dan karbohidrat (12,3 persen), selain mineral seperti besi, kalsium dan fosfor. Vitamin seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3) dan asam askorbat (vitamin C).

Komponen aktif utama yang ditemukan pada jahe adalah gingerols. Efektivitas penggunaan jahe (940 mg) pada orang yang sedang mabuk setara dengan penggunaan obat allopathic, dimenhydrinate (100 mg).

 

Nah, ini macam-macam manfaat jahe secara umum:

Jahe sebagai obat batuk. Gampang sekali untuk membuat ramuannya. Bersihkan kurang lebih 10 gram jahe (sekitar 4 ruas), potong-potong, remukkan, lalu rebus dalam empat cangkir air selama 20 menit. Saring dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Anda bisa menambahkan madu dan jus lemon untuk menambah rasanya.

Jahe untuk melawan infeksi jamur pada kaki. Rendam kaki anda selama 10 menit dalam air hangat yang telah ditambahi jahe. Peringatan: dilarang meminum air jahe bekas rendaman kaki. wakakak!!!….

Jahe untuk menghilangkan bau badan. Bagi anda yang punya masalah dengan bau badan, cobalah untuk menikmati asinan jahe. Niscaya, bau badan anda tidak akan membuat orang lain sakit kepala.

Jahe sebagai penghilang rasa mual. Kalau manisan jahe lain lagi manfaatnya. Anda bisa memakan manisan jahe untuk mengatasi rasa mual di perut.

sumber: The Perspective.

ayo bagikan postingan ini melalui :
Fashion Terbaru

1 comments:

silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ... Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf. Anda bisa memakai keyword sebagai nama. Oyi?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © Artikel Kesehatanq Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger